Senin, 21 Januari 2019

Langkah-Langkah Membuat Akun di Aplikasi BPJSTKU


Sebelum memulai registrasi di akun mohon siapkan terlebih dahulu dokumen yang diperlukan yaitu KTP yang masih berlaku, kartu BPJS Ketenagakerjaan, e-mail dan nomor telepon yang masih aktif. Sekedar saran dari penulis untuk e-mail sebaiknya menggunakan e-mail baru dan khusus untuk aplikasi ini supaya tidak terlalu banyak pesan yang masuk.

Untuk dapat membuat akun di aplikasi BPJSTKU silahkan perhatikan langkah-langkah berikut ini dengan teliti setiap tahapannya agar tidak terkendala !
PERTAMA
Jalankan aplikasi BPJSTKU yang sudah terpasang pada smartphone sobat dan pastikan tidak ada gangguan koneksi internet supaya tidak terkendala.
home page aplikasi bpjstku.png

Klik Profile (nomor 1) di pojok kanan bawah layar. Akan muncul notifikasi pemberitahuan seperti ini: Perhatian. Layanan ini khusus untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan, silahkan Login jika sudah memiliki akun atau lengkapi data kepesertaan Anda untuk dapat mengakses layanan ini. Klik saja LANJUTKAN untuk menuju ke langkah selanjutnya.

KEDUA

Pada tahap ini ada dua pilihan navigasi yaitu lanjutkan login atau buat akun. Silahkan pilih sesuai keperluan. Untuk membuat akun perhatikan gambar berikut ini !
membuat-akun-baru-BPJSTKU.png

Silahkan pilih navigasi BUAT AKUN (nomor 2) selajutnya sobat akan diarahkan ke halaman registrasi pembuatan akun baru. Di sini pastikan sobat sudah berstatus sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan sudah memiliki kartu peserta.

KETIGA

Pada langkah ini silahkan siapkan e-mail aktif. Usahakan e-mail yang digunakan tidak terintegrasi dengan aplikasi lain sehingga pesan yang masuk hanya dari BPJS Ketenagakerjaan saja.
input nama pada aplikasi BPJSTKU.png

Masukkan nama lengkap sobat sesuai data KTP (nomor 1) dan alamat e-mail yang sudah disiapkan khusus untuk aplikasi ini (nomor 2). Kode verifikasi akan dikirim ke e-mail yang telah didaftarkan, jadi pastikan alamat e-mail tidak salah dan selain itu e-mail tersebut juga nantinya akan menjadi username sobat untuk login ke aplikasi BPJSTKU. Jika sudah selesai silahkan klik SELANJUTNYA.

KEEMPAT

Ini adalah tahap verifikasi aplikasi BPJSTKU. Sistem akan mengirim kode verifikasi ke alamat e-mail yang telah didaftarkan pada langkah ketiga di atas untuk memastikan bahwa sobat adalah benar pendaftar baru dengan alamat e-mail tersebut. Silahkan periksa pesan masuk pada kotak e-mail tersebut dan temukan 6 digit angka yang dikirim dari BPJS Ketenagakerjaan.
verifikasi email aplikasi BPJDTKU. png

Masukkan kodeverifikasi kedalam kolom Kode Verifiksi (nomor 6) lalu klik VERIFIKASI(nomor 7), apabila sobat tidak mendapati kode verifikasi dalam kotak e-mail maka silahkan klik KIRIM ULANG (nomor 8).

KELIMA

Disni sobat harus menyiapkan 6 digit angka untuk PIN aplikasi. Siapkanlah angka yang mudah diingat sehingga pada saat login tidak mengalami masalah lupa PIN dan itu akan sangat merepotkan karena navigasi untuk mereset PIN hanya tersedia di dalam aplikasi, jadi untuk melakukan reset PIN itu harus login terlebih dahulu. Solusi lupa PIN saat ini hanya bisa diselesaikan oleh customer service 1500910 silahkan telepon saja nomor tersebut.
pengaturan PIN aplikasi BPJSTKU.png

Masukkan PIN yang sudah sobat siapkan maksimal enam digit angka pada kolom PIN Aplikasi (nomor 9) dan masukkan sekali lagi PIN tersebut ke dalam kolom Konfirmasi PIN Aplikasi (nomor 10). Saat memasukkan PIN ke dalam dua kolom PIN di atas jangan sampai keliru. Selanjutnya PIN akan digunakan untuk login aplikasi dan beberapa navigasi validasi data dalam aplikasi. Kalau sudah silahkan klik SELANJUTNYA.

KEENAM

Selanjutnya sistem akan melakukan konfirmasi kepesertaan sobat. Tidak ada data yang perlu dimasukkan pada tahapan ini tetapi hanya konfirmasi saja.
konfirmasi peserta bpjs Ketenagakerjaan

Setelah pop up di atas muncul maka silahkan klik saja YA, SAYA PESERTA (nomor 12) untuk menuju ke tahap selanjutnya.

KETUJUH

Mulailah memasukkan biodata sesuai dengan data di e-KTP sobat. Lakukan dengan teliti supaya tidak terjadi permasalahan yang menghambat proses registrasi.
input nama pada aplikasi.png

Pada kolom Nama Lengkap (nomor 13) silahkan masukkan nama sesuai dengan data yang tertera di e-KTP. Apabila nama sudah diketik dengan benar silahkan klik SELANJUTNYA(nomor 14).

KEDELAPAN

Pada halaman ini sistem akan meminta data tanggal kelahiran sobat. Harap masukkan sesuai data e-KTP.
input tanggal lahir pada aplikasi BPJSTKU.png

Seperti yang terlihat pada gambar di atas silahkan masukkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran sobat pada kolom yang sudah disediakan (nomor 15). Ingat isi data sesuai dengan yang tertera di e-KTP jangan sampai salah. Setelah itu klik SELANJUTNYA (nomor 16)

KESEMBILAN

Pada langkah ini sistem akan meminta nomor KTP sobat. Nomor KTP merupakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
input nomor KTP BPJSTKU.png

Masukkan NIK pada kolom yang sudah tersedia (nomor 17) sesuai dengan data yang tertera di e-KTP jangan sampai kurang atau salah angka karena cukup beresiko, jumlah angka pada NIK semuanya ada 16 digit. Setelah itu lalu klik SELANJUTNYA (nomor 18).

KESEPULUH

Siapkan kartu Jamsostek untuk menyelesaikan langkah ini karena sistem akan meminta nomor kepesertaan sobat yang tertera pada kartu Jamsostek (kartu BPJS Ketenagakerjaan).
input KPJ aplikasi BPJSTKU.png

Sama halnya dengan memasukkan NIK, memasukkan nomor KPJ juga harus benar-benar teliti jangan sampai salah angka karena akan ditolak oleh sistem. Silahkan masukkan nomor KPJ (kolom 19) jika sudah selesai klik SELANJUTNYA (nomor 20).

KESEBELAS

Ini adalah tahap akhir. Pada langkah ini sistem akan mengirim kode verifikasi ke nomor handphone yang telah didaftarkan lalu silahkan lakukan verifikasi dengan memasukkan kode verifikasi tersebut ke jendela pop up verifikasi nomor handphone pada aplikasi BPJSTKU. Lalu klik LANJUTKAN.
Setelah langkah ini selesai sobat tinggal menunggu beberapa saat. Sistem akan memproses pendaftarannya dan akan berhasil apabila seluruh data-data kependudukan yang diinputsesuai dengan data yang tersimpan di database BPJS Ketenagakerjaan.
Apabila proses registrasi tidak berhasil maka silahkan ulangi dari langkah pertama dengan lebih cermat dan teliti lagi manatau ada data yang salah input atau salah ketik sehingga tidak cocok dengan data yang ada di BPJS Ketenagakerjaan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Langkah-Langkah Membuat Akun di Aplikasi BPJSTKU
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.