Selasa, 15 September 2020

Jadwal Sehat Pemberian Obat Cacing Untuk Kucing




Sebelumnya saya mau menyampaikan bahwa tulisan ini dibuat murni untuk edukasi dan sama-sama belajar. Saya belajar dari dokter hewan dan sayapun juga merupakan seorang praktisi kesehatan yang punya dasar ilmu juga dibidang kesehatan, selain itu berawal dari pengalaman saya mengurus kucing-kucing. Jika ada yang mau ikut 
sharing, silakan tulis di kolom komentar ya.. dengan senang hati kita sama-sama saling belajar tentunya.
Beberapa obat cacing bekerja untuk membunuh cacing dewasa. Namun pemakaian obat cacing perlu diulang untuk membunuh telur cacing yang tidak bias dimatikan oleh obat cacing tadi, karena dalam siklusnya telah menetas menjadi cacing dewasa.


PENYEBAB

  1. Cacing Gilig (ROUNDWORM)
  2. Cacing Pita (TAPEWORM)
  3. Cacing Kait (HOOKWOORM)
  4. Cacing Lambung (STOMACH WORM)


    MEDIA PENULARAN

  1. Kutu / tungau
  2. Telur cacing yang berasal dari feses kucing yang terinfeksi
  3. Kontak dengan kucing lain
  4. Mengonsumsi makanan yang mentah
  5. Sanitasi kandang yang buruk
  6. Sanitasi litter box yang buruk
  7. Jarang mengganti pasir di litter box
  8. ASI dari indukan yang terinfeksi

 

GEJALA KUCING KECACINGAN

Salahsatu diantara dari beberapa gejala yang mungkin saja terjadi pada kucing anda yang terinfeksi parasit (cacing), yaitu : 

  1. Kehilangan nafsu makan
  2. Gusi yang pucat / Anemia
  3. Kehilangan berat badan
  4. Mata belekan
  5. Muntah disertai keluarnya cacing
  6. Feses yang gelap
  7. Keluarnya Feses disertai cacing
  8. Konsistensi feses tidak stabil (kadang keras, kadang lembek, berlendir dan berdarah serta ditemukan potongan / segmen cacing pita / telor cacing)
  9. Perut yang membuncit
  10. Bulu yang kusam dan rontok
  11. Sering menjilati area anusnya
  12. Kadang timbul selaput putih pada mata
  13. Kotoran berdarah
  14. Lesu

 

PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN

Obat Cacing Harus Rutin

Pemberian obat cacing kucing indoor biasanya 3/4 bulanan untuk kucing dewasa 8 bulan – 1 tahun ke  atas sesuai berat badan, sedangkan bagi kucing semi outdoor dan outdoor pemberian obat cacing 1 bulan sekali (lihat petunjuk penggunaan pada masing-masing kemasan obat cacing). Sedangkan untuk kitten 2-7 bulan rutinitas 1 bulan 1 kali (lihat petunjuk penggunaan pada masing-masing kemasan obat cacing). Berikut saya uraikan tipsnya :

  1. Anakan/kitten umur 6-12 minggu : 2 minggu sekali sampai umur 12 minggu.
  2. Lebih dari 12 minggu : 3 bulan sekali
  3. Induk menyusui : 2 minggu setelah melahirkan, dan setiap 2 minggu sampai lepas sapih.

Jadwal pengobatan yang direkomendasikan sejak umur 2 minggu (pemberian kepada indukan yang sedang menyapih) bertujuan untuk membunuh semua ascarids (cacing gelang / gilig), yang dapat menularkan melalui ASI atau mungkin juga telah terinfeksi dari lingkungan. Kucing dewasa lebih mungkin terinfeksi oleh cacing jenis lain dari cacing dibandingkan ascarids.

Cacing pita adalah parasit yang sangat umum dari kucing. Cacing ini paling sering ditularkan oleh kutu. Parasit ini juga menular pada manusia yang termakan kutu yang terinfeksi. Cacing ini akan mati dengan obat cacing golongan praziquantel. Namun beberapa obat-obatan mengobati hanya jenis cacing tertentu, seperti cacing pita dan cacing gelang. Sementara yang lain mengobati beberapa jenis sekaligus. Jadi saran saya, mending cari obat cacing yang memiliki spectrum yang luas dan memilih obat cacing khusus kucing bagi kucing kesayangan anda.

 

Apa Nih Obat Cacing Yang Bisa Diberikan Untuk Kucing Saya ?

 

Obatnya banyak dan tersebar di mana-mana dan saya sarankan jangan membeli obat cacing abal-abal atau yang merknya tidak diketahui jaminannya. Sebelum membeli ada baiknya konsultasi dulu dengan dokter hewan atau dengan orang-orang yang lebih paham soal penanganan cacing pada kucing karena banyak obat-obat palsu atau bohong yang beredar. Kalau tidak mau mengikuti obat-obat yang saya kasih atau cara saya, tidak masalah..setiap orang ada kebiasaan dan kesukaannya masing-masing dan setiap kucing pun berbeda sifatnya jadi apa pun yang bekerja dan cocok, lakukanlah tapi ingat baiknya dikonsultasikan dahulu dengan dokter hewan, ya..

 

Jangan Satukan Kucing Yang Baru Datang Dengan Kucing-Kucing Lain Sebelum Diberi Obat Kutu Dan Obat Cacing

 

Jika kalian sering menolong atau me-rescue kucing dari jalanan, alangkah lebih indah jika kucing yang baru dibantu itu dibawa dahulu ke dokter hewan untuk dipisahkan dari kucing-kucing yang ada di rumah atau “shelter”. Walau kucingnya terlihat sehat, ya.. Kalau kalau, nih ke dokter hewan mahal dan lagi gak ada dana dan sudah malam juga jadi tidak ada klinik hewan yang buka, boleh dibawa langsung tapi diisolasi dahulu. Artinya dikandangkan dan dipisah ruang dari kucing-kucing lainnya selama minimal 3 hari. Hari pertama di cek pub dan pipisnya dan nafsu makan. Hari kedua boleh diberikan obat kutu dan obat cacing. Hari ketiga di cek lagi. Kalau sudah aman, boleh bergabung dengan yang lain. Kucingnya sudah sehat, tidak cacingan dan tidak berkutu juga sehingga tidak akan menularkan ke yang lain. Jangan lupa selama 3 hari ruangan kucing tersebut harus bersih dan dibersihkan terus.

 

Jangan lupa minum obat cacing

Ingat ya jangan hanya kucingnya saja yang dikasih obat cacing. Kita juga harus. Bagaimana cacing-cacing ini bisa menular ke manusia. Berbahaya? Ya berbahaya kalau didiamkan. Tapi gak akan bahaya kalau kita rutin minum obat cacing. Kapan manusia minum obat cacing? Secara rutin baiknya 6 bulan sekali..kalau lupa ya setahun sekali. Kalau perut mulai buncit, lapar terus, tapi badan kurus, kulit kusam, rambut kusam, dan bagian anus mulai gatal-gatal..jangan mengira akibat jarang mandi saja. Mungkin mungkin kena cacingan. Obat cacing orang gak mahal dan di mana-mana ada. Beli, minum sesuai dosis, tandain di agenda atau jurnal atau kalender, lanjut minum lagi 6 bulan kemudian. Saya jamin, mau abis ketemu kucing cacingan parah juga gak akan kenapa-kenapa kalian.

 

Bagikan

Jangan lewatkan

Jadwal Sehat Pemberian Obat Cacing Untuk Kucing
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.